fakta dan analisa

coba lihat bagaimana fakta dilapangan dan laporan yang sampai tuk dianalisa bagaimana follow up nya...

Minggu, 27 November 2011

duit menulis


Untuk mendapatkan penghasilan dari menulis, sekarang kita tidak harus mengandalkan menulis buku ataumenulis artikel untuk media saja. Sebab, saat ini kita juga bisa menulis artikel untuk blog/web yang penghasilannya tidak kalah besar dari menulis buku / artikel untuk media. Nggak, percaya?

Informasi yang saya peroleh dari salah seorang pengelola konten blog/web yang saya kenal, pernah menyebutkan bahwa ada salah satu penulis artikel blog/website yang mampu menghasilkan 19 Juta lebih dalam waktu ± 6 bulan. Wow! Ini angka yang cukup besar untuk seorang penulis. Penulis buku saja, belum tentu bisa mendapatkan uang sebesar itu dalam waktu yang sama untuk royalti sebuah buku.

Banyaknya blog/web yang menjamur belakangan ini memang membuat permintaan penulisanuntuk konten blog/web terus bertambah. Ada beragam alasan kenapa mereka menggunakan jasa penulis content blog/website. Mulai dari tidak adanya waktu untuk menulis, hingga alasan klasik tidak bisa menulis.

Tapi, apakah mereka tidak rugi membayar penulis freelance web/blog terus? Jika tujuan blog/web-nya digunakan untuk personal branding atau bisnis online (Google Adsense, Paid to Review, Affiliate, Toko Online, dll) tentu saja tidak rugi. Karena apa yang mereka bayarkan, secara otomatis nantinya akan tergantikan dengan keuntungan yang lain. Singkatnya, ada pengeluaran, ada pemasukan.

Jasa Penulis Artikel Blog/Website

Saya lihat, saat ini sudah banyak sekali jasa penyedia konten blog/web di Indonesia, seperti:penuliskonten.com, penulis-content.info, penulisartikel.com, penuliscontent.com,jasapenulisanartikel.com, dan masih banyak lagi. Untuk menyediakan konten, selain dikerjakan oleh tim yang sudah ada, biasanya mereka juga bekerja sama dengan beberapapenulis lepas (freelance). Jadi tak perlu heran, bila sekarang sering kita temui informasilowongan penulis freelance blog/web di internet.

Untuk menjadi penulis content blog/web sebetulnya syaratnya tidak sulit-sulit amat. Yang jelas tidak sesulit dan seketat menjadi penulis buku. Umumnya ada 3 hal penting yang ditekankan untuk menjadi penulis artikel blog/web, yaitu: tulisannya asli, unik, dan SEO friendly. Jadi, tulisan bagus saja belum cukup, tetapi juga harus disukai oleh mesin pencari agar mudah ditemukan pengunjung. Intinya, tujuan utama dari penulisan artikel ini adalah untuk mendatangkan pengunjung blog/web sebanyak-banyaknya.

Cara kerja penulisan konten blog/web ini biasanya berdasarkan permintaan dari pemilik blog/web. Pemilik blog/web akan memberikan daftar kata kunci (keyword) tertentu untuk ditulis kepada penulis online blog/web, misalnya: Perlengkapan Bayi, Belajar SEO, Obat Kanker, dan sebagainya.

Harga Artikel

Harga artikel cukup bervariasi, tergantung dari bahasa yang digunakan dan jumlah kata/karakter pada artikel. Misalnya, untuk artikel berbahasa Indonesia saat ini biasanya dihargai sekitar Rp10.000 – Rp25.000. Harga per artikel kelihatannya memang tidak terlalu besar, tapi kalau sudah dijumlahkan, dijamin tidak kalah dengan gaji pegawai! Jadi, besar kecilnya penghasilan yang diterima sangat tergantung dari produktifitas penulis dan banyak tidaknya proyek yang didapat.

Peluang menjadi penulis artikel ke depan sangat besar seiring meningkatnya jumlah blog/website. Jika Anda ingin menjadi bagian dari penulis content, tidak ada salahnya mempersiapkan diri dari sekarang. Yang jelas, bekerja online itu lebih bebas dan menyenangkan!

picture: www.constant-content.com
s:
http://caturhp.multiply.com/journal/item/323.

Tidak ada komentar:

ormas

nasiode