fakta dan analisa

coba lihat bagaimana fakta dilapangan dan laporan yang sampai tuk dianalisa bagaimana follow up nya...

Senin, 12 Juli 2010

serbaserbi

JURNALISME WARGA

ANDALAH YANG MEMBERITAKAN!

Internet membuat penyampaian informasi menjadi semakin cepat. Rentang waktu untuk menghantarkan berita dari suatu tempat ke seluruh penjuru dunia semakin pendek. Tak perlu menunggu hingga esok hari, informasi bisa dikirim dan diterima saat ini juga.

Perkembangan teknologi pun membawa tren baru di dunia industri komunikasi, dengan hadirnya beragam media yang menggabungkan teknologi komunikasi baru dan teknologi komunikasi massa tradisional. Hal tersebut memberikan pilihan kepada khalayak untuk memilih informasi sesuai selera mereka, baik bersifat visual, audio, data, dan lain sebagainya.

Media berbasis internet memiliki beberapa karakteristik kunci, salah satunya adalah ruang bagi publik yang semakin terbuka luas. Internet telah menciptakan ruang publik (public space) baru, bahkan lebih jauh dari itu, sebuah lingkungan publik (public sphere) baru bagi masyarakat maya.

Public sphere merupakan bagian dari teori demokrasi moderen, di mana ada kesempatan berpartisipasi yang lebih kepada masyarakat untuk mengekspresikan ide-idenya lebih jauh, dan menghadirkan pola dialektika yang baru. Public sphere adalah bagian dari kehidupan sosial, di mana setiap orang dapat saling berargumentasi mengenai berbagai masalah yang dihadapi bersama-sama.

Selama ini peran mencari dan menyampaikan berita dilakukan oleh para jurnalis profesional. Namun dengan hadirnya internet dengan segala fasilitas interaksinya, siapapun bisa menjadi reporter. Pada kondisi semacam ini, jurnalisme telah bergerak menuju jurnalisme dua arah. Publik tidak lagi sekadar menjadi konsumen, melainkan prosumen, sebuah persilangan antara konsumen dan produsen.

Jurnalisme warga (citizen journalism) juga dikenal dengan jurnalisme partisipatif. Merupakan aktivitas masyarakat biasa –nonjurnalis– dalam mengumpulkan, melaporkan, menganalisa, dan menyebarkan berita dan informasi. Mengenai istilah, banyak yang menyebutnya dengan jurnalisme open source, netizen, media warga (citizen media), dan jurnalisme berjaringan (networked journalism).

Masyarakat, dalam ruang yang disediakan, menjadi pewarta atas peristiwa yang terjadi di sekitar mereka. Mereka juga bisa melakukan lebih jauh, layaknya yang dilakukan jurnalis profesional, seperti mewawancarai tokoh, membuat feature, opini, foto, merekam gambar bergerak, ataupun tulisan yang sifatnya analisis.

Itulah yang mendasari kami untuk menghadirkan sebuah lingkungan baru bagi Anda, dengan menghadirkan layanan ini: MyZone. Di MyZone, Anda bisa mengirimkan berbagai karya, baik tulisan, foto, atau sekadar berbagi informasi singkat dengan sesama pengguna internet.

Di MyZone, Anda juga bisa menjadi wartawan…
sumber;http://myzone.okezone.com/index.php/content/about/jurnalisme-warga

Tidak ada komentar:

ormas

nasiode