fakta dan analisa

coba lihat bagaimana fakta dilapangan dan laporan yang sampai tuk dianalisa bagaimana follow up nya...

Rabu, 05 Mei 2010

kertas promo

8 Cara Produk Promosi Membantu Kegiatan/Bisnis

"Promotional Product" atau disebut produk promosi dapat membantu bisnis atau kegiatan organisasi dalam berbagai cara dan kesempatan;

1. Menghargai pelanggan;
Untuk menghargai pelanggan setia, tidak jarang penjual barang atau jasa mengirim hadiah baik itu dihari istimewa pelanggan seperti ulang tahun, atau dihari perayaan agama dan/atau hari liburan panjang. Umumnya tidak jarang nilai harga produk promosi bisa mahal dan tinggi, tergantung juga tentunya dari barang/jasa yang diperjualbelikan dalam periode tertentu (misalnya tahunan).

2. Merangsang sumbangan;
Tidak jarang produk promosi dipakai untuk kegiatan non-bisnis. Di Amerika seringkali kantor lokal polisi, palang merah, bahkan pemadam kebakaran minta sumbangan dari masyarakat lewat surat dengan menyertakan magnet (ditempel di lemari es umumnya), bahkan sticker nama kita yang sudah tercetak rapi dengan alamat rumah dan nomor telepon. Diharapak nilai sumbangan lebih tinggi dari nilai produk promosi.

3. Meningkatkan "store traffic";
Bila anda pemilik toko di plaza / pertokoan ataupun peserta pameran ingin menarik para pejalan atau pengunjung mapir melihat barang dan atau jasa yang dijual, maka memberi barang promosi gratis. Nilai produk promosi relatif murah meriah, kadang kala balon untuk anak-anak cukup lumrah dilakukan.
Even kegiatan seperti membuka toko baru dan peluncuran produk baru di pameran dagang bisa diramaikan dengan membagikan produk promosi.

4. Merangsang penjualan;
Makan siap saji seperti McDonald, Burger King, Wendy dll. sangat lumrah melakukan produk promosi yang umumnya ditujukan ke pangsa anak-anak. Mereka lebih tertarik mainan - kadangkala - daripada makanannya. Produk promosi ini tidak selalu gratis diberikan pada anak-anak, semuanya dikenakan biaya yang biasanya sudah dimasukkan dalah harga paket makanan anak-anak.

5. Meningkatkan respon "direct mail";
Uang tunai bisa menjadi produk promosi yang efektif dalam menarik simpati orang untuk mengisi kuesioner via surat. Uang $US 1 yang licin, bersih, mengkilap dan masih baru dilampirkan dalam kuesioner. Uang satu dollar ini bila disejajarkan dengan tingkat hidup di Indonesia setara dengan 1-2 ribu rupiah.

6. Menghargai karyawan berprestasi;
Terlepas dari kegiatan jual-beli, produk promosi dapat digunakan untuk urusan internal manajemen perusahaan. Memberi pujian kadangkala harus diwujudkan dalam bentuk fisik dengan plakat, souvenir yang diukir nama, prestasi yang dicapai. Produk promosi ini bisa dipajang menjadi barang kebanggaan karyawan bersangkutan. Ini bertujuan meningkatkan dan memacu motivasi kerja karyawan.
Penghargaan ini dapat diberikan ke sekelompok peserta/orang/karyawan yang berhasil dengan sangat memuaskan dalam suatu tugas khusus.

7. Merayakan acara kantor/sekolah;
Meramaikan acara kantor atau piknik dengan mengadakan undian berhadiah terbukti sangat ampuh menarik peserta bergabung dan bertahan sampai dengan acara berakhir.
Anak-anak sekolah yang ikut berlomba "cerdas tangkas", atau lomba olah raga dan sejenisnya - disamping pemenang 1-2 dan 3 akan mempunyai hadiah istimewa - baik kalah atau menang akan mendapatkan hadiah partisipasi.

8. Mempromosikan program kegiatan;
Setiap 5 tahun sekali kegiatan PEMILU membutuhkan jutaan potong kaos dan topi atau bahkan pin. Dalam skala kecil setiap perlombaan atau kegiatan sosial kelurahan, kecamatan dll. membutuhkan banyak produk promosi untuk meramaikan sekaligus mempromosikan kegiatan yang berlangsung.

Produk Promosi dari A sampai Z (inggris)
Anda sedang mencari masukan atau ide untuk acara khusus pelanggan, sales contest, atau program insentif karyawan?

Dibawah ini tercantum daftar produk promosi dalam alfabet inggris;
A - aprons = celemek
B - briefcase = tas kerja
C - cookbook = buku masak
D - denim shirt = baju denim
E - emergency kits = alat P3K
F - Flashlight = lampu senter
G - Gift bags = tas untuk barang hadiah
H - highlighter = lampu penerang/penunjuk
I - ice scrapper = pisau pembersih es
J - jewelry = perhiasan
K - knife = pisau lentik
L - licen plate = plat nama
M - mints = permen penyegar
N - noise maker = alarm
O - oxford shirt = baju kaos
P - picnic cooler = box pendingin
Q - plaQue = plakat
R - radio
S - stuffed animal = boneka binatang
T - toothbrush = sikat gisi
U - umbrella = payung
V - vest = jaket rompi
W - watche = jam tangan
X - eXecutive toy/desk accessory = aksesori meja kerja
Y - yoyo
Z - zipper puller = pegangan risliting

2 komentar:

indra mengatakan...

gimana cara kerja bisnisnya?

Anonim mengatakan...

gampang mau belajar?

ormas

nasiode